Pelaksanaan Pasar Lawas Mataram

Administrator 29 Agustus 2022 11:47:09 WIB

Pelaksanaan Pasar Lawas Mataram kembali digelar setelah vakum akibat covid 19, Pasar Lawas Mataram Kotagede 2022 mulai dibuka sejak Jumat (26/8/2022) di area Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, Yogyakarta.

Pembukaan Pasar Lawas Mataram di sambut oleh Ketua Pasar Lawas Sulthon Abdul Aziz, selanjutnya sambutan dari Lurah Desa Jagalan Bapak Gono Santoso dan terakhir yang memberikan sambutan adalah Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih  memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah ikut memeriahkan pasar lawas. Puluhan pedagang bersiap-siap menata jajanan untuk di jual, para pedagang menjual jajanan lawas dan makanan khas Kotagede seperti kipo, legomoro, ledre dan masih banyak makanan yang lainnya. Jajanan lawas yang menjadi favorit / kegemaran untuk anak-anak adalah es gosrok dan gulali, es gosrok adalah es batu yang di gosrok menggunakan alat dan diberi sirup sedangkan gulali adalah permen yang terbuat dari gula dan diberi mesis. Acara dibuka pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Selain itu pengujung diajak menikmati sajian kuliner lawas atau tradisional, mereka bisa menikmati Pembukaan Pasar Lawas seperti Membuka pasar lawas dengan membunyikan Rebana Tanah Liat (Dolanan Anak), Tari Kolosal “Ki Ageng Manggir Wanabaya” dan Wayang Kulit.

Hari kedua di hari Sabtu, terdapat pertunjukkan seni Karawitan, Tari Sanggar dan Pura-Pura Orkes sambil menikmati suasana malam yang semakin asik maka masyarakat bisa bernostalgia.

Hari ketiga di hari Minggu (28/8/2022) di area Makam Raja-Raja Mataram Kotagade, Yogyakarta. Penutupan Pasar Lawas Mataram di sambut oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIAN LAKSHMI PRATIWI, SS, M.A. Penutupan Pasar Lawas Mataram dengan membunyikan “Rebana Tanah Liat (Dolanan Anak), dan menampilkan Seni Keroncong dan Orkes menambah memeriahkan acara tersebut”.

Komentar atas Pelaksanaan Pasar Lawas Mataram

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License