Rapat Koordinasi Sitem Informasi Desa

Administrator 27 Oktober 2023 14:19:19 WIB

Pada hari selasa (24/10/2023) Rapat Koordinasi Sistem Informasi Desa dihadiri oleh Tim dari SID, Sistem Informasi Desa sebagai alat informasi untuk pelayanan pada kantor desa. Fungsinya antara lain sebagai informasi administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, inventaris aset kantor desa, inventarisasi sarana prasarana pada desa, pengelolaan anggaran desa, layanan publik, dan lain sebagainya. 

Adapun beberapa contoh sistem Informasi Desa yang dapat terakses oleh masyarakat  ialah:
  1. Website desa warga dapat dengan mudah melihat perkembangan desa melalui data atau informasi yang tampil pada website Desa nya.. 
  2. Adanya layanan Administrasi persuratan sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses  pelayanan dengan online tanpa perlu mengurus ke kantor Desa. 
  3. Adanya sistem sinkronisasi perencanaan pembangunan desa dan pembangunan Kawasan perdesaan antara masyarakat dan pemerintah. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah memberikan masukan terkait pembaharuan data,konten dan informasi desa secara terus menerus.
Selain adanya sistem, Pemerintah desa juga berwenang menggunakan Aplikasi pelayanan desa, keterangan fitur antara lain adalah sebagai berikut:
  • Fitur Administrasi Desa ialah Sebuah aplikasi desa yang dapat berguna secara mandiri oleh perangkat desa. Sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, pengelolaan anggaran, dan lain sebagainya.
  • Fitur Pelayanan desa ialah Aplikasi desa online yang dapat berguna secara mandiri oleh masyarakat. Mempermudah masyarakat dalam  pelayanan administrasi, baik administrasi kependudukan, nikah, keterangan tidak mampu, dan lain sebagainya.
  • Fitur Bansos ialah layanan khusus untuk menyimpan dan mengolah data penerima bantuan sosial dari pemerintah.
  • Presensi Digital adalah sebuah aplikasi berbasis android yang terintegrasi dengan SID. Berfungsi untuk memudahkan para Pemerintah Desa dalam mendapatkan pelaporan presensi, karena data perangkat desa bisa otomatis tersinkronisasi dengan Presensi Digital 
  • Website profile adalah milik halaman website yang memuat profil website desa,  produk andalan desa ,serta beberapa destinasi wisata di desa. 
  • Android App ialah layanan tanpa batas yang dapat berguna oleh warga dengan aplikasi android yang memuat berita, marketplace dan permintaan surat eksklusif untuk warga Desa. 

Komentar atas Rapat Koordinasi Sitem Informasi Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License